Need Help? Chat with us
Program Outbound
capacity building

Outbound Capacity Building

Salah satu program outbound dari Jelajah Outbound Semarang yang dikhususkan untuk kelas dewasa atau karyawan adalah Capacity Building Outbound Training. Dewasa ini upaya pengembangan kapasitas merupakan bagian yang penting di dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari pengembangan kapasitas misalnya dilaksanakan dengan pendidikan, baik secara formal maupun informal. Di dalam perusahaan misalnya melalui pelatihan-pelatihan sumberdaya manusia, pengembangan sistem manajerial. Sebelum lebih lanjut tentang program Capacity Building berikut adalah pengertian dari capacity building

PENGERTIAN CAPACITY BUILDING

Pengertian kapasitas secara terminologi

Pertama mari kita lihat dulu pengertian kapasitas secara terminologi. Menurut Wikipedia, Kapasitas berasal dari bahasa Belanda; capaciteit yang dapat berarti:

  1. daya tampung, daya serap
  2. ruang atau fasilitas yang tersedia
  3. kemampuan (maksimal)

Hal ini juga sejalan dengan apa yang ditulis di dalam kamusbesar.com bahwa kapasitas dapat berarti:

  1. ruang yg tersedia; daya tampung; (nomina)
  2. daya serap (panas, listrik, dsb); (nomina)
  3. keluaran maksimum; kemampuan berproduksi; (nomina)
  4. El kemampuan kapasitor untuk menghimpun muatan listrik (diukur dl satuan farad);(nomina)

Capacity Building didefinisikan oleh Brown (2001:25)

Sebagai suatu proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan. Pengertian lain mengenai capacity building menyatakan bahwa capacity building umumnya dipahami sebagai upaya membantu pemerintah, masyarakat ataupun individu dalam mengembangkan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan-tujuan mereka.

ELEMEN-ELEMEN DALAM MENGEMBANGKAN KAPASITAS

Elemen-elemen dalam pengembangan kapasitas merupakan hal-hal yang harus dilaksanakan dalam mencapai kondisi kapasitas masyarakat yang berkembang. Garlick dalam McGinty (2003) menyebutkan lima elemen utama dalam pengembangan kapasitas sebagai berikut:

  1. Membangun pengetahuan, meliputi peningkatan keterampilan, mewadahi penelitian dan pengembangan, dan bantuan belajar
  2. Kepemimpinan
  3. Membangun jaringan, meliputi usaha untuk membentuk kerjasama dan aliansi
  4. Menghargai komunitas dan mengajak komunitas untuk bersama-sama mencapai tujuan
  5. Dukungan informasi, meliputi kapasitas untuk mengumpulkan, mengakses dan mengelola informasi yang bermanfaat

PROGRAM OUTBOUND CAPACITY BUILDING

Jelajah Outbound sebagai provider outbound training yang masih terus berkembang memiliki sebuah program Capacity Building Training dengan metode Outbound Training. Dengan menggunakan permainan-permainan outbound yang menyenangkan training ini bertujuan agar setiap individu dapat bekerja lebih efektif dan efisien dalam mencapai tujuan dari suatu perusahaan. Dan secara khusus ditujukan untuk meningkatkan kualitas dari suatu perusahaan dan juga karyawan yang bekerja di dalamnya.

MATERI DAN METODE PELATIHAN OUTBOUND CAPACITY BUILDING

Materi pelatihan berupa teori dan praktek dengan porsi 30% teori dan praktek. Teori diberikan bisa di indoor maupun outdoor begitu juga dengan prakteknya. Dengan menggunakan permainan-permainan dinamika kelompok (outbound games) diharapkan peserta akan lebih mudah mendapatkan makna dan pola pikir baru yang bisa meningkatkan kwalitas hidup kedepan dan peningkatan kinerja dalam dunia kerja. Materi pelatihan Capacity Building secara garis besar adalah sebagai berikut :

  • Human Mind Concept : Memahami secara seutuhnya tentang konsep pikiran manusia dan bagaimana melakukan modifikasi program yang berada di dalam pikiran manusia.
  • New Behavior Generator : Cara memodifikasi perilaku/kebiasaan diri secara instant dan efektif melalui pendekatan Mind Reprogramming.
  • Communication Skill : Peningkatan kualitas komunikasi baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain.
  • Reframing & Perceptual Position : Cara merubah sudut pandang untuk merubah makna dalam upaya peningkatan kualitas diri yang positif dan berdaya.
  • State of Mind : Cara merubah kondisi pikiran dan perasaan secara instant dan efektif.

Metode pelatihan adalah dengan pemaparan teori sederhana dan langsung praktek, karena pelatihan capacity building ini dengan metode Outbound Training dimana dalam pelatihan outbound selalu memanfaatkan alam sebagi tempat belajar maka kami menggunakan permainan-permainan baik dalam bentuk kelompok maupun individu.

TRAINER DAN FASILITATOR

Program Outbound Training dengan materi Capacity Building di fasilitatori oleh Team Jelajah Outbound Semarang. Dengan trainer utama

Phonang Wilasto.C.NLP

Seorang trainer, coach, dan hypnotherapist dengan basic keilmuan Neuro Linguistic Programming. Beliau telah belajar dari guru – guru ilmu pemberdayaan diri dan pengembangan pribadi terbaik di Indonesia. Seorang trainer dengan sertifikasi nasional dan internasional di bidang ilmu pemberdayaan diri. Telah memberikan pelatihan outbound dan inhouse training untuk berbagai perusahaan dari tahun 2005 hingga sekarang. Berikut adalah beberapa level sertifikasi praktisi, master dan trainer yang dimiliki :

  • Certified NLP Practitioner approve by NFNLP Florida USA
  • Certified Master NLP by NNLP Indonesia
  • Certified Trainer NLP by NNLP Indonesia
  • Certified NLP Coach by NCA Indonesia
  • Certified Trainer NLP Coach by NCA Indonesia
  • Certified Hypnotis & Hypnotherapist by Yan Nurindra Hypnosis School
  • Certified Hypnotis & Hypnotherapist by IBH Indonesia

DURASI WAKTU PELATIHAN OUTBOUND CAPACITY BUILDING

Pelatihan Capacity Building dengan metode outbound training bisa dilakukan dengan berbagai durasi waktu pelatihan menyesuaikan dengan kebutuhan dan waktu yang tersedia dari klien. Secara umum tentu saja pelatihan dengan durasi yang lebih lama akan lebih berdampak pada diri peserta karena peserta akan lebih banyak mendapatkan teori serta praktek yang lebih banyak sehingga lebih paham materi dan penerapannya. Beberapa pilihan paket Capacity Building berdasarkan durasi waktu sebagai berikut :

  • Paket Halfday Outbound Capacity Building, durasi sekitar 4 jam pelatihan 30% teori dan 70% praktek
  • Paket OneDay Outbound Capacity Building, durasi sekitar 6 jam pelatihan 30% teori dan 70% praktek
  • Paket 2d & 1n Outbound Capacity Building, durasi 2 hari 1 malam (menginap) dengan 30% teori dan 70% praktek

BIAYA PELATIHAN OUTBOUND CAPACITY BUILDING

Biaya pelatihan pada dasarnya sangat bergantung pada kedalaman materi pelatihan yang dibutuhkan, lokasi atau tempat yang digunakan, dan fasilitas-fasilitas yang digunakan seperti sewa lokasi, penginapan, dan akomodasi peserta. Untuk informasi lebih lanjut, dan konsultasi tentang Paket Capacity Building Outbound Training anda bisa menghubungi kontak kami dibawah.

KESIMPULAN

Pelatihan Outbound Capacity Building sangat dibutuhkan setiap orang baik secara individu maupun di perusahaan agar SDM mempunyai kapasitas yang terus berkembang, proses dapat dilakukan mulai dari seleksi, pemberian lingkungan kerja yang memadai, serta pelatihan yang berkesinambungan dalam aspek-aspek penting, seperti kemampuan berkomunikasi, motivasi diri, kemampuan problem solving, kreativitas, dan kepemimpinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *