Need Help? Chat with us
Blog

Memilih Game Outbound Team Building

Permainan outbound terutama game team building sangat banyak diminati oleh perusahaan, group komunitas, dan sekolah. Menurut pengamatan kami, sekitar 10 tahun ini jika bicara tentang pelatihan team building selalu identik dengan outbound. Ya Game Outbound memang tidak selalu melulu flyingfox, marine bridge, penjelajahan hutan, susur sungai, dan permainan-permainan menantang atau olah nyali. Justru ruh sebenarnya dari outbound training adalah tentang team building. Jadi bagaimana cara memilih game outbound team building yang menarik dan berdampak ?

Outbound training sendiri adalah tentang belajar dari alam, dimana alam terdiri atas banyak komponen yang terus bergerak bersama dan berkesinambungan membuat alam ini menjadi seimbang dan selaras. Alam ini adalah sebuah team yang sangat solid dimana didalamnya ada kerjasama, komunikasi, sinergi, dengan disiplin yang tinggi. Matahari selalu hadir tepat waktu dalam menerangi dan memanasi bumi, malam juga selalu datang untuk mendinginkan kembali bumi setelah seharian dipanasi oleh matahari sehingga kehidupan menjadi selalu seimbang. Rumput selalu tumbuh untuk dimakan binatang, dan binatang mengeluarkan kotoran yang menjadi pupuk bagi rumput untuk kembali tumbuh. Seekor singa yang kuat dan besarpun memerlukan sebuah kawanan singa untuk dapat menangkap satu ekor banteng saja dari ratusan banteng dalam sebuah rombongan

memilih permainan team building

Yang perlu diperhatikan dalam memilih game team building

Kembali tentang Team Building, salah satu yang membuat manusia mampu bertumbuh dan menguasai dunia adalah kemampuannya bekerjasama baik dengan sesama manusia maupun dengan mahluk hidup yang lain bahkan dengan benda mati di sekitarnya. Ada pepatah yang mengatakan “jika anda ingin berjalan cepat berjalanlah sendiri, tapi jika anda ingin berjalan jauh berjalanlah bersama-sama”. Ini bermakna bahwa jika kita ingin pencapaian hal-hal kecil dengan cepat, kita bisa melakukannya sendiri. Tapi jika menginginkan pencapaian yang besar maka kita harus melakukannya bersama-sama. Maka kita perlu membentuk sebuah team yang atau team building.

Permainan team building adalah sebuah simulasi kerjasama peran dalam mencapai sebuah misi bersama. Dalam permainan atau game team building, team harus terdiri atas beberapa anggota dan ada pemimpin atau leader didalamnya. Memilih permainan permainan team building yang baik dan berdampak haruslah memenuhi hal-hal seperti berikut

  • Permainan yang menyenangkan (fun game)
  • Adanya goal bersama yang jelas (goal setting)
  • Menimbulkan sebuah proses kreatif (creative thinking)
  • Melibatkan semua anggota team (teamwork & Communication)
  • Adanya pemimpin dan yang dipimpin (leadership)
game team building semarang

Kita akan bahas pelan-pelan satu persatu hal-hal diatas

Permainan Outbound Team Building haruslah berupa permainan yang menyenangkan, mengapa harus menyenangkan ? Team building game adalah lebih dari sekedar permainan, ada proses belajar dalam permainan ini. Menurut para ahli pendidikan kondisi otak yang tepat untuk waktu belajar adalah saat kondisi senang. Dalam kondisi senang atau bahagia otak lebih mudah menyerap informasi tanpa terlalu banyak mengkritisi. Jadi ini adalah kondisi yang tepat untuk memasukkan materi-materi pembelajaran yang akan sangat berdampak setelahnya.

Adanya goal yang jelas dan ditetapkan diawal yang disepakati bersama oleh seluruh anggota team. Dengan adanya tujuan yang jelas termasuk kondisi akhir yang sesuai dengan kriteria yang di tetapkan bersama akan membuat tiap-tiap anggota team lebih fokus dan tidak menimbulkan aktifitas-aktifitas yang tidak perlu sehingga akan mempercepat proses kerja.

Permainan Team Building harus menimbulkan proses kreatif yaitu team akan menemukan pemikiran-pemikiran kreatif dalam menyelesaikan permainan. Tanpa harus keluar dari jalur atau tujuan akhir, team akan memberikan pemikiran dan kreatifitas terbaiknya untuk tujuan yang jelas.

Melibatkan seluruh anggota team adalah wajib hukumnya mengingat ini adalah permainan team building. Tujuannya adalah melatih kerjasama dan komunikasi antar anggota team agar lebih solid. Dengan melibatkan seluruh anggota team diharapkan team akan lebih saling mengenal satu sama lain dari anggotanya baik kelebihan maupun kekurangannya. Dengan saling mengenal potensi masing-masing anggota team maka akan terbagi job kerja yang pas dan sesuai kapasitasnya.

Adanya pemimpin dan dipimpin. Leadership sangat penting dan tidak bisa dilepaskan dalam sebuah team, adanya pemimpin adalah untuk memastikan team tetap dalam jalur dan tujuan yang benar sesuai yang disepakati. Membagi tugas kerja sesuai dengan potensi dari masing-masing anggota team sehingga team menjadi efektif baik dari segi waktu maupun energy yang dikeluarkan dalam melakukan proses kerja.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih game team building untuk kegiatan outbound anda dan team. Sebelum mengadakan pelatihan outbound team building anda bisa berkonsultasi dulu dengan trainer dari provider outbound yang akan anda gunakan untuk memfailitasi kegiatan Outbound Team Building.

Proses Game Team Building dan Debrief

Berikut adalah salah satu contoh permainan outbound team building yang cukup legend di dunia outbound. Permainan apa itu ? “Magic Hole” adalah salah satu permainan yang telah dimainkan puluhan tahun oleh hampir seluruh penggiat outbound training di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Nama lain dari permainan magic hole yang mungkin lebih akrab dengan telinga anda adalah “spider web”. Permainan ini walaupun sudah dimainkan puluhan kali tetap saja tidak membosankan mengingat banyak pembelajaran dan makna yang bisa diambil dari permainan sederhana ini. Cara dan aturan permainan ini sederhana yaitu memindahkan seluruh anggota team melewati lubang-lubang yang ada pada kain magic dari satu sisi ke sisi seberang. Dengan aturan sebagai berikut :

  1. Orang yang melewati lubang badannya tidak boleh menyentuh kain atau bibir lubang
  2. Anggota team boleh membantu dengan syarat juga tidak boleh menyentuh kain. Pemain yang menyentuh kain nilainya adalah nol.
  3. Anggota yang membantu hanya boleh dari sisi dimana ia berada
  4. Tiap-tiap lubang ada poin yang berbeda-beda, semakin tinggi posisi lubang akan semakin tinggi nilainya

Proses pelaksanaan game team building

  1. Diawal trainer atau fasilitator akan memberikan arahan kepada team mengenai peraturan-peraturan yang harus di taati, pemberian poin, sangsi dan batasan waktu yang diberikan.
  2. Team akan diberi waktu untuk mendiskusikan mengenai target poin yang ingin dicapai, pembagian kerja, dan durasi waktu yang akan digunakan.
  3. Team mulai melaksanakan aktifitas game sesuai dengan yang disepakati dan peraturan-peraturan yang sudah disampaikan
  4. Team melakukan evaluasi dari proses menyelesaikan permainan apakah hasil sudah sesuai dengan target yang direncanakan, kendala – kendala yang timbul, perubahan – perubahan yang harus dilakukan jika diberikan kesempatan untuk mengulangi lagi permainan ini.
  5. Mengumpulkan nilai-nilai positif yang didapatkan dari permainan ini yang bermanfaat untuk kehidupan mendatang baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam aktifitas kerja.

Debriefing Session

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan di berikan dalam debriefing session oleh trainer atau fasilitator outbound.

  1. Hal-hal menarik apa yang didapati selama proses permainan ?
  2. Berapa target poin dari team ? dan berapa persen poin yang berhasil di capai dari target yang sudah ditentukan ?
  3. Apakah strategi yang telah disusun sudah cukup efektif ? jika belum apakah ada strategi lain yang bisa dilakukan ?
  4. Selama proses permainan adakah peraturan-peraturan yang dilanggar ? bisakah permainan diselesaikan tanpa harus melanggar aturan ?
  5. Adakah kejadian atau kondisi di kehidupan sehari-hari atau dalam dunia kerja yang mirip dengan kondisi saat proses permainan ini ?
  6. Nilai-nilai positif apa yang bisa diambil dari permainan ini yang bisa dibawa dalam aktifitas nyata.

Team akan berdiskusi untuk mengumpulkan jawaban-jawaban dari semua anggota team dan membuat kesimpulan serta hal-hal yang akan dilakukan dimasa mendatang setelah mendapatkan pembelajaran dari permainan yang baru saja dilakukan

Kesimpulan

Permainan outbound Team Building seharusnya tidak hanya sekedar bermain dan bersenang-senang, tapi juga harus ada pelajaran yang bisa diambil dari permainan tersebut. Disini peran trainer yang sebenarnya, yaitu mampu membawa suasana dari sekedar permainan menjadi sebuah simulasi sebuah pekerjaan dengan tujuan tertentu. Yang tidak boleh dilupakan adalah semua permainan Team Building harus menyenangkan bagi peserta karena dalam kondisi pikiran yang senang dan bahagia, pelajaran lebih mudah diserap oleh otak.

Demikian sedikit tentang memilih game outbound team building yang menarik dan berdampak positif bagi team. Semoga bermanfaat bagi anda dan team dalam menentukan dan memilih game outbound team building yang tepat dan berdampak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *